Tuesday, October 9, 2012

FISHING GUIDE FINAL FANTASY XII






Sesuai judulnya, kali ini saya akan mencoba memandu anda dalam menyelesaikan Mini game Fishing di FF 12. Tulisan ini juga untuk menjawab pertanyaan kalian seputar fishing ini. Tentu tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan Lu Shang’s Badge, yang merupakan salah satu loot untuk membuat Pedang Legendaris, Wyrmhero Blade dari Bazaar. Oke langsung aja, ini dia caranya.

Availability
Fishing Mini Game akan tersedia setelah kalian mengunjungi Draklor Laboratory. Namun, kalian juga harus telah menyelesaikan Side Quest Cactuar Family. Side Quest ini tidak akan terselesaikan jika anda belum menyelesaikan  Patient in the Desert side quest untuk mendapatkan Barheim passage key dan juga harus telah mengalahkan Gilgamesh.

Perkenalan
Mini Game Memancing ini pada dasarnya ada lah seberapa hafal dan handal anda dalam menekan tombol2 di controller anda (mirip permainan guitar hero). Di tiap kali game, anda akan memiliki 6 kali kesempatan untuk mendapatkan ikan ataupun botol kosong. Cara bermainnya cukup sederhana, hanya tinggal menekan tombol yang muncul di layar setelah tepat mencapai titik tengah bulatan yang disediakan di layar (sekali lagi, mirip guitar hero). Ada 5 area yang tersedia untuk memancing, yang mana pastinya semakin tinggi level areanya, semakin besar potensi hadiahnya. Tempat2nya adalah: Downstream, Midstream, Upstream, Hidden Shoals, Den of the River Lord. Tiga tempat pertama dapat langsung diakses setelah anda mencapai Balfonheim, tetapi 2 tempat terakhir memerlukan sedikit petualangan untuk mendapatkan Matamune.


Permulaan
Untuk memulai permainan, berbicaralah dengan Ruksel yang ada di dermaga barat di South Bank Village di Dalmasca Eastersand. Dia mengatakan bahwa dia ingin pergi memancing, tetapi tidak memiliki alat pancing. Kemudian teleportlah ke Balfonheim lalu pergi ke area yang ada Aerodomenya. Bicaralah dengan Fishing Enthusiast di tempat ini sebanyak 2 kali, laluu pergilah ke pintu masuk aerodome tapi jangan masuk. Lalu kembalilah lagi ke tempat Fishing Enthusiast tadi, dan dia sudah menghilang, dan anda akan menemukan Muramata disana, ambil itu. Pergilah kembali ke Ruksel, dan bicara padanya, dan sekarang anda bisa mulai memancing.

Downstream, Midstream, Upstream
Sekarang memancinglah dimulai dari Downstream. Memancing terus sampai anda menyelesaikan dengan sempurna wilayah Upstream.

Botol
Di sinilah kita akan memulai sedikit petualangan demi mendapatkan Lu Shang’s Badge. Hal pertama yang harus kalian perhatikan, adalah kalian telah menyelesaikan Hunt Battle on The Bridge. Mengalahkan Gilgamesh bukan hanya sekedar tantangan dan mendapatkan Masamune saja, tetapi dialah kunci untuk menyelesaikan Fishing Mini game ini.

Nah, setelah anda mengalahkannya, anda akan mendapatkan botol berwarna-warni dari memancing (cobalah memancing lagi). Total ada 5 warna, dan bila anda melihat di Menu Key Item, masing-masing akan menampilkan pesan yang harus bisa kita pecahkan.

Botol Biru
Petunjuk: Truth lies just beyond falsehood, CDZCKZMCRANZS.
Penjelasan: Ayo coba, bagaimana anda bisa menyelesaikan teka-teki ini. Bagaimana? Bisa? Menyerah? Ya tentu saya akan membantu. Sekarang coba ubah tiap huruf menjadi 1 huruf setelahnya. Dan apa yang kita dapat? DEADLANDSBOAT. Oke jadi tempatnya sudah jelas, pergilah ke Nabreus Deadland. Pergilah ke arah selatan dari area Echoes of The Past, di sudut tenggara akan ada sebuah Boat (perahu) yang sudah rusak, nah disana akan ada sesuatu yang bercahaya, ambillah itu. Dan anda akan mendapatkan X potion dan sebuah kalimat  “River…unde…o”.

Botol Hijau
Petunjuk: Skip on stones to far banks shore, by skipping stones return once more. SSADLNIAKLADHAUETDNREA.
Penjelasan: Sama menbingungkannya dibanding yang tadi? Ya tidak juga, sebenarnya ini lebih gampang untuk dipecahkan. Caranya, tulislah mulai dari huruf pertama, dan lompati tiap 1 huruf. Ketika sampai pada huruf terakhir, lakukan hal yang sama ke belakang. Dan petunjuk apa yang kita dapat? SALIKA HUT NEAR DEADLANDS. Ya sudah jelas, mari kita pergi ke area Piebald Path di Salikawood. Periksa cahaya yang berkilau di dekat pintu masuk, dan dia akan memberikan petunjuk  “Forest…rgro….w”.

Botol Merah
Petunjuk: Foothills rise in mountains’ shadow. NhIiQsTUrEe.
Penjelasan: Sekali lagi, kita harus berfikir untuk menyelesaikan yang satu ini. Hmm bagaimana menurut anda cara menyelesaikannya? Menyerah? Baiklah biar saya pecahkan. Mari pisahkan huruf yang kapital dengan yang tidak. Dan setelah mengotak-atik katanya, ini akan menjadi QUIET Shrine. Ayo sekarang kita pergi dimana terdapat banyak Shrine. Yaitu di Mosphoran Highwaste di area Babbling Vale. Ceklah cahaya berkilau yang ada disana dan akan muncul petunjuk berikutnya  “Fire…undb…h”.

Botol Kuning
Petunjuk: Dragons stir among the eaters of the wind. 1 2 - - 5 - 7 - 9 -
Penjelasan: Oke, dimana pertama kali anda akan melawan musuh naga pertama kali sepanjang jalan cerita? Ya tentu saja, di Cerobi Steppe. Dan seperti yang kalian tau, disana ada banyak Kincir angin bukan? Sekarang anda harus mengubah posisi kincir angin yang disebutkan di petunjuk itu menjadi on dan kincir lainnya, yang “-“, menjadi off. Jika anda dari awal tidak mengotak-atik kincir angin disana, langsung saja pergi ke kincir angin 2,3,5,8, dan ubah posisi mereka. Setelah itu anda lakukan, maka akan muncul sebuah petunjuk  “Ash…ridge…e.”

Botol Hitam
Petunjuk: Easy as a, b, c, so count yourself luck.  19-12-21-9-3-5-7-1-20-5-18-1-20-19
Penjelasan: Oke tentu yang ini kalian sudah langsung bisa memecahkannya bukan? Cukup ubah angka menjadi huruf, 1=A, 2=B, dst. Maka kita akan mendapatkan SLUICE GATE RATS. Yah sesuai namanya, mari pergi ke Garamsythe Waterway di Rabanastre. Di sana, kalian akan melihat tikus. Ikuti saja tikus itu, dan kalian akan menemukan benda berkilau yang terakhir. Dan sekaligus memberikan petunjuk “Darkness…eton…e.”

Matamune
OK, sekarang kita sudah mendapatkan semua pesan dari botol-botol tersebut. Ini dia

River...unde...o
Forest...rgro...w
Ash...ridg...e
Darkness...eton..e
Fire...undb...h

Oke, lima kata pertama mungkin merupakan urutan untuk menunjukkan lokasi, jadi bisa disusun menjadi River mengalir melewati Forest, yang menangkap Fire, meninggalkan hanya Ash dan Darkness. Sekarang susun kata-kata yang ditengah sesuai urutan tersebut. unde/rgro/undb/ridg/eton lalu diikuti huruf terakhir o/w/h/e/e. dan jika anda menyusunnya, maka akan didapat UNDERGROUND BRIDGE TO NOWHE’R’E.

Jadi dimana kalian menemukan sebuah jembatan tetapi tidak dapat pergi kemanapun? Yak, ada di Barheim Passage. Pergilah ke Barheim, lewati jalur yang kalian lalui untuk melawan Zalera. Begitu anda sampai di ujung area Zeviah Span, pergi ke West Annex lalu berhentilah. Jika kalian melihat ke peta, ada sebagian kecil bagian Zeviah Span yang hanya bisa diakses melalui West Annex. Jadi, berputarlah dan ambil jalan agak ke kiri, jangan lewati bagian yang baru saja anda lewati. Masuklah kesana, dan saksikan apa yang terjadi.

Finale
Dengan Matamune di tangan, kembalilah ke Ruksel dan lanjutkan memancing disana. Memancinglah di Upstream. Maka tak lama kemudian anda akan dihadiahkan Cactoid Compact yang mana sekaligus membuka area Hidden Shoals.

Lanjutkan memancing di Hidden Shoals hingga anda membuka Den of the River Lord. Oke ini bisa dibilang “Boss”nya ikan disini, jadi tombolnya jauh lebih sulit dibanding yang lain. Tapi tenang, saya sudah mencatat, tombol apa yang pasti akan keluar saat anda berhadapan dengannya.

R1, L2, Up, Square, R2, L1, X, Right

Oke, itu saja Guide untuk menyelesaikan Mini Game Memancing di Final Fantasy 12. Semoga membantu. Kalau ada koreksi atau tambahan atau apa saja, silahkan komentar disini. Thx

No comments:

Post a Comment